RSS

MENYONGSONG LAILATUL QADAR

02 Agu

MENYONGSONG LAILATUL QADAR

Sahabat dan saudaraku, umur kita sangat pendek dibanding dengan umur umat-umat terdahulu, yaitu umat sebelum Nabi Muhammad saw. yang mencapai 700 tahun, 1000 tahun; bahkan ada ada yang mencapai 1300 tahun. Maka sangat perlu memperhatikan uraian tentang lailatul qadar berikut ini.

Lailatul qadar artinya malam kemuliaan. Lailatul qadar tersebut dalam Al-Quran surat al-qadr sebagai berikut :

اِنَّآ اَنْزَلْنَاهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ (١)  وَمَآ اَدْرٰىكَ مَالَيْلَةُ الْقَدْرِ (٢) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ اَلْفِ شَهْرٍ (٣) تَنَزَّلُ الْمَلَآئِكَةُ وَالرُّحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ اَمْرٍ (٤) سَلَامٌ هِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (٥)

1.  Sesungguhnya kami Telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan[1593].

2.  Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

3.  Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

4.  Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.

5.  Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

[1593]  Malam kemuliaan dikenal dalam bahasa Indonesia dengan malam Lailatul Qadr yaitu suatu malam yang penuh kemuliaan, kebesaran, Karena pada malam itu permulaan Turunnya Al Quran seluruhnya sekali dari Lauh Mahfuzh hingga ke langit yang paling bawah.

ASBABUN NUZUL SURAT AL QADR

(Sebab turunnya surat Al Qadr)

Ibnu Abu Hatim dan Al Wahidi kedua-duanya telah mengetengahkan sebuah hadits melalui Mujahid yang telah menceritakan, bahwasanya Rasulullah saw. pernah menceritakan tentang seorang lelaki dari kalangan kaum Bani Israil; ia menyandang senjatanya selama 1000 (seribu) bulan untuk berjuang di jalan Allah. Kaum muslimin merasa takjub atas hal tersebut, maka Allah swt. segera menurunkan firmanNya yang artinya :1.Sesungguhnya Kami Telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan 2.  Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? 3.  Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.(Al Qadr :1-3)

Maksudnya, beramal shalih pada malam kemuliaan itu jauh lebih baik dan jauh lebih besar pahalanya dari pada pahala seorang lelaki dari kaum Bani Israil yang menyandang senjatanya selama seribu bulan di jalan Allah swt.

Imam Ibnu Jarir telah mengetengahkan sebuah hadits melalui Mujahid yang telah menceritakan, bahwa di kalangan Bani Israil terdapat seorang laki-laki yang setiap malam selalu shalat hingga pagi hari, kemudian pada siang harinya ia selalu berjihad melawan musuh-musuh Allah hingga sore harinya. Hal tersebut dilakukannya selama seribu bulan secara terus menerus. Maka Allah menurunkan firmanNya yang artinya : Lailatul qadar (malam kemuliaan) itu lebih baik dari pada seribu bulan. (QS. Al Qadar : 3)

Maksudnya, beramal shalih pada malam lailatul qadar itu pahalanya jauh lebih baik dan lebih besar daripada amalan yang dilakukan oleh seorang laki-laki dari Bani Israil itu. (Tafsir Jalalain)

KEUTAMAAN LAILATUL QADAR, WAKTUNYA DAN BERIBADAH PADA MALAMNYA

‘Aisyah istri Rasulullah berkata :

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِذَا دَخَلَ الْعَشَرُ اْلاَخِيْرُ شَدَّ مِعْزَرَهٗ وَاَحْيَالَيْلَهٗ وَاَيْقَظَ اَهْلَهٗ. (رواه البخارى ومسلم)

Artinya : “Adalah Nabi saw. bila sudah memasuki sepuluh hari yang terakhir dari bulan Ramadhan mengikat sarungnya dengan erat, mengisi malamnya dengan beberapa ibadah dan membangunkan istrinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Anas ra. shahabat Rasulullah pernah berkata : Rasulullah saw. bersabda :

اِنَّ اللهَ تَعَالَى وَهَبَ لِاُمَّتِى لَيْلَةَ الْقَدْرِ وَلَمْ يُعْطِهَا مَنْ كَانَ قَبْلَهُمْ (رواه الديلمى)

Artinya : “Sesungguhnya Allah Ta’ala telah memberikan untuk umatku lailatul qadar dan tidak diberikannya kepada umat sebelum umatku.” (HR. Ad Dailami)

Dalam sebuah hadits riwayat Thabrani disebutkan bahwa Rasulullah saw. bersabda yang artinya : “Carilah lailatul qadar pada malam sepuluh hari yang terakhir (dari bulan Ramadhan), sebab sesungguhnya malam lailatul qadar jatuh pada malam yang ganjil, malam dua puluh satu, atau dua puluh tiga, atau dua puluh lima, atau dua puluh tujuh, atau dua puluh sembilan atau pada akhir malam bulan Ramadhan. Barang siapa yang mengisi malam tersebut dengan beberapa ibadah dengan iman dan bertujuan mencari ridha Allah, maka diampuni dosanya yang telah lewat dan yang akan datang.” (HR. Thabrani)

Dalam kesempatan lain Rasulullah bersabda :

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ اِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهٗ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهٖ (رواه البخارى)

Artinya : “Barang siapa beribadah pada malam lailatul qadar karena iman dan menharap ridha Allah, diampuni dosa-dosa yang telah lalu.” (HR. Bukhari)

Allah swt. telah berfirman dalam Al Quran surat al qadr ayat 3 :

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ اَلْفِ شَهْرٍ

Artinya : “Lailatul qadr lebih baik dari pada seribu bulan.” (QS. Al Qadr : 3)

Maksudnya, beramal shalih pada malam lailatul qadar itu pahalanya jauh lebih baik dan lebih besar daripada beribadah selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadarnya (Tafsir Jalalain)

Adapun tanda-tanda malam lailatul qadar tersebut dalam sebuah hadits :

لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةٌ بَلِجَةٌ لَاحَارَّةٌ وَلَابَارِدَةٌ وَلَاسَحَابَ فِيْهَا وَلَا مَطَرَ وَلَا رِيْحَ وَلَا يُرْمٰى فِيْهَا بِنَجْمٍ مِنْ عَلَامَةِ يَوْمِهَا اَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ لَاشُحَاعَ لَهَا (رواه الطبرانى)

Artinya : “Lailatul qadar adalah malam yang terang benderang, tidak seberapa panas dan tidak seberapa dingin, tidak ada awan, tidak ada hujan, tidak berangin kencang dan tidak ada bintang yang dilemparkan (meteor). Sebagian tanda pada siang harinya adalah matahari terbit tidak bersinar terang.” (HR. Thabrani)

About these ads
 
 

Tag: , , , , ,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: